Kelinci Jawa

Kelinci Jawa – Apakah anda penggemar kelinci ? dan memelihara kelinci ? . Jika iya apakah anda pernah dengar kelinci lokal yang khas dari indonesia ? . Anda pasti belum kenal dengan kelinci jawa , kelinci lokal dari indonesia yang di kembangkan tepatnya di daerah jawa barat . Pasti kalian hanya mengenal kelinci anggora , kelinci new zealand , kelinci holland lop , dan kelinci – kelinci yang berasal dari luar negeri .

Kelinci Jawa
Gambar Kelinci Jawa

Lebih baik kita juga harus tahu kelinci lokal kita sendiri dan kita juga bisa memelihara dan merawatnya juga agar kelinci jawa ini bisa menjadi kelinci yang bagus dan bisa mengalahkan kelinci – kelinci yang berasal dari luar negeri . Pada artikel ini saya akan membahas tentang kelinci jawa yang merupakan kelinci yang berasal dari indonesia yang tepatnya berada di jawa barat , jadi untuk kalian yang belum mengetahui tentang kelinci jawa ini harus membaca artikel ini dengan teliti .

Baca Juga :  3 Jenis Kelinci Holland Lop,Harga dan Cara Merawatnya

Kelinci Jawa

Kelinci jawa atau nama latinnya adalah Lepus Nigricollis atau yang biasa kita sering panggil yaitu kelinci lokal . Habitat asli dari kelinci jawa ini adalah hutan yang berbatu yang tepatnya berada di wilayah jawa barat , kelinci jawa ini juga ada di negara lain yaitu di india dan juga di daerah dataran tinggi yang berbatu , berat badan kelinci ini yaitu 6 kg , panjang kelinci ini juga sampai 40 cm , warna bulunya coklat kekuning – kuningan . Kelinci jawa mampu hidup sampai umur 5 tahun hingga 10 tahun . Dalam setahun kelinci jawa ini mampu melahirkan 7 kali dan dalam sekali melahirkan dapat menghasilkan rata – rata 6 sampai 8 ekor anak kelinci .

Untuk merawat kelinci jawa ini termasuk sangat mudah dan murah karena untuk makan anda hanya memberikan rumput , daun – daunan , dan juga wortel berikanlah secara teratur pagi , siang , dan malam hari . Makanan penguat kelinci anda bisa memberikannya 1 kg bekatul , yang sudah di campurkan 1 sendok garam , dan air hangat yang diberikan secara rutin pada pagi harinya .

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kandang yang harus di bersihkan secara rutin agar kelinci bisa hidup di kandang dengan nyaman dan terhindar dari penyakit , suhu pada kandang kelinci juga harus di jaga . Agar kelinci jawa terlihat lebih cantik dan lebih terawat , rutin – rutinlah kelinci jawa di mandikan minimal 2 kali dalam sebulan agar bulu kelinci terlihat bersih , Saya sarankan jika ingin memandikan kelinci jawa dengan air hangat karena kelinci umumnya tidak tahan dengan air dingin . Cara memandikannya pun lebih baik di usap – usap dan di bilas secara merata setelah di bilas keringkan kelinci dengan menggunakan handuk dan hairdrayer agar cepat kering .

Baca Juga :  5 Jenis Kelinci Mini,Harga dan Kandang Minimalis

Jika anda ingin mengembangbiakkan kelinci jawa ini anda harus paham pada umur berapa kelinci jawa ini siap untuk di kawinkan . Kelinci jawa ini siap untuk di kawinkan pada umur 5 sampai 6 bulan dan sampai ada juga tanda – tanda pada kelinci yang sedang birahi seperti kelinci akan gelisah , nafsu makan yang akan berkurang , sering menggosok – gosok bagian dagunya pada dinding kandang , dan yang paling terlihat adalah saat kelinic betina di dekati kelinci jantan kelinci betina tidak akan menghindar dan terkesan diam saja .

Untuk proses kawinnya lebih baik kelinci betina di masukkan pada kandang kelinci jantan agar kelinci jantan akan terlihat nyaman dan berkuasa karena ada di tempatnya jangan lakukan sebaliknya , Waktu kelinci betina hamil adalah berkisar 29 hari sampai 33 hari , setelah melewati proses tersebut sebaiknya anda pindahkan kelinci betina pada kandang yang isinya terdapat kotak sarang untuk anak – anaknya nanti saat lahir .

Jika anda ingin membeli kelinci jawa ini lebih baik untuk membeli pada peternak kelinci agar anda bisa tahu kelinci ini terawat dan sehat . Karena banyak sekali yang tertipu jika membeli pada penjual pinggir jalan dan seringnya kelinci yang anda beli di pinggir jalan akan cepat mati karena kelinci tidak suka kebisingan dan hal tersebut akan membuat kelinci stress dan kelinci tidak bernafsu makan dan akan mati . Membeli pada peternak kelinci juga bisa menguntungkan karena anda bisa tahu riwayat kelinci yang anda beli bagus atau tidak .

Baca Juga :  Kelinci Flemish Giant

Harga kelinci jawa ini sangat murah jika dibandingkan dengan kelinci import yaitu kelinci australia sepasang yang mempunyai harga berkisar 400.000 sampai 500.000 maka harga dari kelinci jawa hanya berkisar 120.000 hingga 150.000 dan harga kelinci jawa yang 100.000 untuk sepasang adalah kelinci jawa biasa . Seperti pada umumnya kelinci jawa juga akan mahal jika kelinci tersebut terawat , sehat , dan tidak ada cacat .

Kelinci terawat pasti akan mempunyai harga yang mahal jadi anda lebih baik membeli pada peternakan kelinci agar anda bisa menanyakan apakah kelinci yang akan anda beli tersebut sudah pernah beranak apa belum , dan jika membeli kelinci pada peternakan akan sangat menjamin karena di peternakan pasti kelinci akan dirawat secara intensif dan benar .

Keuntungan lainnya juga anda bisa mendapatkan ilmu jika anda membeli di peternakan kelinci karena para peternak akan memberikan tips yang baik untuk merawat kelinci jawa agar bisa berumur panjang dan tidak mudah mati , anda juga bisa langsung bertanya pelet apa yang bagus untuk kelinci jawa dan bisa sekalian membeli pelet di tempat peternakan tersebut jika peternakan itu juga menjual pelet untuk kelinci jawa

Baca Juga :  Kelinci Karpet

Pemasaran Kelinci di Jawa

pemasaran kelinci di jawa tengah sangatlah mudah dicari dan di hubungi anda tinggal menghubungi pak mu’tazim fakih  (0818930092) beliau berani membeli beribu – ribu ton kelinci daging untuk di pasarkan kembali di daerah jawa tengah dan membuat anda para peternak kelinci akan lebih mudah menjual kelinci – kelinci pedagingnya .

Untuk pemasaran kelinci pedaging jawa timur sangatlah mudah karena ada juga peternakan yang berada di daerah kota batu dan madiun . Di peternakan tersebut juga termasuk jual kelinci pedaging jawa timur terbesar yang ada di jawa timur dan pusat juga jika anda ingin mencari daging kelinci . Harganya pun lumayan murah , kualitas daging terjaga , dan daging juga bersih dan sehat .

Sekian penjelasan tentang kelinci jawa pada artikel ini semoga anda bisa tahu banyak tentang kelinci jawa karena kelinci jawa tersebut merupakan kelinci yang identik dari indonesia sampai ada juga yang menciptakan lagu jawa kelinci ucul yang termasuk lagu campursari terkenal di kalangan orang jawa . Lagu tersebut juga mempunyai filosofi yang sangat dalam . 

Lagu kelinci ucul ini juga pernah dinyanyikan oleh penyanyi legendaris yaitu nurhana , dan banyak sekali di cover oleh didi kempot dan ki narto sabdo . Jadi kita harus menjaga lagu tersebut agar anak cucu kita bisa mendengar lagu campursari tersebut dan lagu tersebut juga tidak punah karena tertutup oleh banyaknya lagu – lagu barat yang masuk ke indonesia . Terima Kasih .

Baca Juga :  Harga,Sifat,dan Cara Merawat Kelinci Lion Head

Tags: