Kelinci Himalayan

Kelinci Himalayan – Para penggemar kelinci pasti sudah tahu dengan jenis kelinci himalayan ini karena kelinci jenis himalayan ini hampir sama populernya dengan kelinci anggora dan kelinci lop . Hal tersebut di karenakan keunikan dari kelinci himalayan ini yang mempunyai warna dominan putih dan hanya ada warna hitam di bulu sekitar hidung , telinga , dan kaki yang menjadikan kelinci himalayan ini seperti memakai kaos kaki .

Kelinci Himalayan
Gambar Kelinci Himalayan

Walaupun kelinci ini bernama kelinci himalayan tetapi belum jelas kelinci ini berasal dari mana ada yang menganggap kelinci ini dari cina dan ada juga yang berasal dari rusia . Jenis kelinci Himalayan ini juga merupakan kelinci yang masuk kategori best pet yang berarti kelinci himalayan ini mudah untuk di tangani dan mudah untuk di rawat dan diatur oleh karena itu banyak sekali yang membudidayakan kelinci himalayan ini dan memelihara kelinci himalayan ini . Adapun gambar kelinci himalayan seperti diatas dan gambar kelinci dwarf himalayan jika anda mencari di sumber lain .

Baca Juga :  5 Jenis Kelinci Mini,Harga dan Kandang Minimalis

Kelinci Himalayan

Dengan dijadikannya kelinci himalayan ini sebagai best pet maka anda tidak perlu susah – susah untuk merawat dan mencari kelinci himalayan ini karena banyak sekali para peternak yang berternak kelinci himalayan ini untuk di jual . Para pencari kelinci himalayan ini biasanya memilih kelinci himalayan karena kelinci ini tergolong murah dan kelinci ini juga bagus untuk di pelihara atau ada juga yang menjadikannya sebagai kelinci yang di ternakkan .

Kelinci ini juga mempunyai beberapa unggulan yang akan saya bahas nanti di ciri kelinci himalayan . Kelinci himalayan diketahui bahwa tiba di amerika serikat sekitar tahun 1900-an yang berasal dari inggris sekitar waktu yang sama dan biasa di sebut dengan ” Boom Kelinci Belgia ” . Kelinci himalayan ini juga di nobatkan sebagai kelinci ras tertua yang di distribusikan ke dunia .

Baca Juga :  Kelinci Anggora

Harga Kelinci Himalayan

Kelinci himalayan ini sebenarnya mempunyai berat badan yang lumayan besar berkisar 2,5 kg sampai 4,5 kg tetapi banyak peternak yang selalu menyilangkan kelinci himalayan ini dengan kelinci lain hal tersebut menyebabkan kelinci himalayan menjadi sangat kecil dan berat badannya hanya 1 kg , Kelinci himalayan ini juga aktif pada malam hari dan tidur di siang hari .

Harga dari kelinci himalayan ini lumayan murah untuk kelinci himalayan yang mempunyai umur 1 sampai 3 bulan harganya berkisar 50.000 sampai 150.000 dan untuk yang 3 bulan lebih atau sudah memasuki umur dewasa harganya berkisar 150.000 sampai 700.000 . Jual kelinci himalayan dapat anda cari di berbagai peternakan karena kelinci ini sangat mudah untuk di temukan , anda juga bisa menemukannya di online shop seperti tokopedia .

Baca Juga :  Ciri-Ciri,Harga,Kelebihan Jenis Kelinci Dutch

Ciri Kelinci Himalayan

Kelinci himalayan ini sangat berbeda dari kelinci lainnya yaitu produktifitas sangat kecil dari pada kelinci pada umumnya . Yang menjadi ciri khas dari kelinci himalayan ini adalah warna bulunya yang dominan putih dan ada corak hitam di bagian bulu sekitar telinga , hidung , dan ke empat kakinya yang menjadikan kelinci himalayan ini seperti menggunakan kaos kaki hitam di kakinya .

Berat badan kelinci himalayan asli sebenarnya 2,5 kg sampai 4,5 kg tetapi karena banyaknya peternak yang sering menyilang – nyilangkan kelinci himalayan ini maka kelinci himalayan ini menjadi hanya mempunyai 2 kg berat badannya yang menjadikan kelinci himalayan ini menjadi kelinci mini , tubuhnya sangat ramping dan jika kelinci ini sedang berbaring tubuhnya seperti tabung .

Kelinci Himalayan adalah kelinci yang bukan berasal dari cina atau dataran himalayan tetapi belum ada yang mengetahui darimana aslinya kelinci himalayan ini , ada yang memanggil kelinci himalayan ini sebagai kelinci cina dan ada juga yang memanggil kelinci rusia .

Baca Juga :  3 Jenis Kelinci Holland Lop,Harga dan Cara Merawatnya

Asal Kelinci Himalayan

Untuk sekarang kelinci himalayan ini belum diketahui berasal darimana ada yang beranggapan kelinci himalayan ini berasal dari dataran tinggi , ada juga yang mengira kelinci ini berasal dari china , ataupun berasal dari rusia . Nama lain juga berbeda bergantung orang mengenalnya ada yang masih menggunakan kelinci himalaya , kelinci china , dan juga menggunakan nama kelinci rusia . Anda juga bisa memanggil kelinci himalayan ini sebagai kelinci berhidung hitam .

Cara Memelihara Kelinci Himalayan

Memelihara kelinci himalayan ini hampir sama dengan anda memelihara kelinci hias seperti anda harus menjaga kebersihan kandang agar tetap bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang ada di kandang , jika kandang kelinci terdapat kotoran kelinci akan merasa tidak nyaman dan akan mengalami stres dan dampak dari stres itu biasanya kelinci akan tidak nafsu makan .

Anda juga harus menjaga makanan untuk kelinci himalayan anda usahakan berikan makanan yang tidak membuat kelinci mencret , diare atau bulu menjadi rontok , berikan makanan seperti sayuran , buah – buahan , dan jerami secara teratur untuk menjaga tubuh kelinci himalayan anda tetap ramping . Jika anda ada budget lebih anda bisa memberikan pelet dan vaksin untuk kelinci himalayan anda .

Berikan juga obat – obatan untuk kelinci anda agar terhindar dari scabies dan diare belilah obat pada peternak kelinci atau anda bisa membelinya pada pet shop . Karena anda akan mempunyai kelinci yang sehat dan terawat jika anda memberikannya obat – obatan yang rutin untuk kelinci anda .

Usahakan jika anda ingin mengawinkan kelinci himalayan anda sebaiknya cari indukan yang berkualitas agar anda dapat anakan yang baik , tidak cacat , apalagi mempunyai tubuh yang lebih mini saat sudah dewasa , dan usahakan bibit kelinci anda tidak mempunyai bulu yang menggumpal agar anakannya juga tidak mempunyai bulu yang menggumpal .

Baca Juga :  4 Jenis Kelinci Fuzzy Lop,Harga,dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Kelinci Himalayan

Merawat kelinci himalayan ini sangat mudah karena kelinci ini sangat jinak jadi anda bisa memegangnya dengan mudah . Hal yang harus di perhatikan adalah kebersihan dari kelinci himalayan ini anda harus sering memandikan kelinci himalayan ini dengan menggunakan air hangat dan dengan mengusap – usapkannya saja dengan rata agar bulu kelinci basah dengan rata , setelah selesai dimandikan anda harus segera mengeringkannya dengan menggunakan handung yang sangat halus dan usapkan secara perlahan setelah menggunakan anda anda bisa menggunakan hairdrayer untuk mengeringkan dengan cepat dan gunakan level terendah dari hairdrayer tersebut .

Sebaiknya anda secara rutin membersihkan bulu kelinci himalayan anda dari bulu – bulu yang menggumpal karena dengan semakin banyaknya bulu yang menggumpal kelinci anda akan sulit bergerak atau malah kelinci anda memakan bulunya sendiri dan membuat kelinci anda terkena mencret . Untuk menghindarinya anda hanya sering menyisir bulu kelinci himalayan dengan sisir khusus hewan yang biasa di jual de pet shop belilah sisir dengan 2 macam jenis agar anda bisa menyesuaikan mana sisir yang baik untuk kelinci himalayan anda  .

Sekian penjelasan tentang kelinci himalayan ini semoga anda menjadi lebih tahu tentang kelinci himalayan ini dan anda juga bisa merawat dan memelihara kelinci himalayan anda dengan baik agar tidak ada lagi orang yang sembarangan menyilangkan kelinci himalayan yang menyebabkan kelinci himalayan menjadi lebih mini . Terima Kasih .

Baca Juga :  3 Jenis Kelinci Raksasa di Dunia Yang Pernah Ada

Yang kamu cari :

    gambar dan harga kelinci himalayan

Tags: